Interactive Digital Signage – Teknologi Marketing di masa depan

October 26, 2017

Apakah Interactive Digital Signage itu?

Pada saat ini sangatlah jelas bahwa digital signage adalah teknologi masa depan. Interactive digital signage saat ini menjadi salah satu teknologi untuk kebutuhan marketing yang berkembang pesat dan digunakan hampir di seluruh dunia. Pusat retail, museum, perusahaan besar, bank, sekolah dan berbagai instansi beralih ke solusi digital untuk mencapai fleksibilitas serta kemudahan dalam menyampaikan pesan kepada publik dibanding cara tradisional.

Digital signage menampilkan sebuah  konten digital ke ruang publik, sehingga sering juga diistilahkan sebagai DOOH (Digital out-of-home technology). Banyak orang tidak menyadari bagaimana digital signage telah digunakan secara luas. Setiap tampilan dashboard pada bank atau airport, video wall dan billboard saat ini menggunakan aplikasi digital signage.

Sambut masa depan era digital

Digital signage menggunakan teknologi perangkat layar berbasis LCD, LED, dan proyektor untuk menampilkan konten digital dalam bentuk gambar, video, media streaming, dan informasi lainnya yang dapat ditemukan pada area publik.

Digital signage memiliki kemampuan untuk menampilkan konten dalam berbagai format, apa yang dapat ditampilkan pada layar hanya dibatasi oleh informasi yang ingin disampaikan dan kemampuan system jaringan data. Tampilan digital signage dapat dibuat dengan sangat menarik dan sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman yang unik bagi penggunanya.

 

Interactive digital signage: langkah selanjutnya dalam teknologi pemasaran

Seiring dengan kemampuan teknologi digital signage yang menggantikan informasi dalam bentuk cetak dan memfasilitas distribusi konten ke berbagai bentuk media, termasuk pada penggunaan dalam dan luar ruangan, maka digital signage dianggap mampu menyampaikan informasi yang jauh lebih cepat kepada target penggunanya. Faktanya, dengan perkembangan teknologi layar sentuh di pasaran saat ini, maka masyarakat dapat berinteraksi pada informasi digital yang ingin disampaikan oleh perusahaan, instansi, maupun sebuah produk. Teknologi interaktif mengalihkan fokus bagi konsumen, memberi mereka keleluasaan untuk mendapatkan informasi apapun yang mereka inginkan secara real-time. Inilah salah satu kehebatan interactive signage, dimana pengguna dapat langsung mencari dan menerima informasi yang mereka inginkan tanpa harus menunggu informasi tersebut muncul seperti halnya pada digital signage biasa.

Seiring dengan teknologi layar sentuh telah dikenal banyak orang melalui smartphone dan tablets membuat konsumen terbiasa menggunakan kontrol digital dengan gestur sentuhan jari, sehingga hampir tidak ada hal baru untuk dipelajari dalam penggunaan teknologi ini. Lebih jauh dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan perangkat keras dan lunak untuk mendukung teknologi interaktif tidak terbatas.

Mari kita ambil sebuah contoh kasus dari sebuah perusahaan retail: portal belanja atau menu interaktif yang memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak digital interactive signage dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna tanpa perlu menambahkan sumber daya yang mahal. Dengan analisis perilaku konsumen yang meningkat secara signifikan, ada peluang untuk menyempurnakan semua pesan digital berdasarkan tren demografis dan metrik konsumen sehingga aplikasi interactive digital  signage menjadi semakin menarik, mendidik, dan dinamis. Ini memberikan pengalaman interaktif yang setara dengan apa yang diharapkan pembeli dari teknologi yang diimplementasikan.

Masa depan yang cerah

Apa langkah selanjutnya? Itu akan tergantung di mana interactive signage digunakan dan apa tujuan yang diinginkan. Jika sebuah brand ingin memberikan pelayanan kepada publik melalui digital signage, seperti menjawab pertanyaan, memberikan arahan, saran atau membantu pengguna yang mungkin terburu-buru dan ingin cepat melihat sebuah informasi, maka teknologi interactive digital signage adalah pilihan logis untuk mencapai target konsumen mereka secara efektif. Dan karena pasar interactive display diperkirakan akan tumbuh pesatim yaitu dari 9,9 Miliar US Dollar pada tahun 2015 menjadi lebih dari 26 Miliar US Dollar pada tahun 2022, maka dapat dipastikan bahwa semakin banyak bisnis yang akan merangkul tren baru ini dan memanfaatkannya.

Disadur dan diterjemahkan dari: http://www.eyefactive.com/en/blog/what-is-interactive-digital-signage-whitepaper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *