7 Teknologi Web Keren yang Akan Segera Hadir

November 1, 2017

Situs web dan teknologinya berkembang begitu cepat. Sepertinya beberapa kerangka kerja baru yang menakjubkan atau aplikasi desain web dirilis bahkan hampir setap hari! Pada artikel ini Anda akan mendapatkan gambaran dari 7 teknologi baru yang menarik di arena desain dan pengembangan web. Teknologi ini menjanjikan kemudahan yang jauh dari sebelumnya dalam proses pembuatan situs web dan aplikasi web yang indah serta fungsional. Selamat menyimak!

 

Meteor: JavaScript dimanapun

Meteor terlihat sebagai platform aplikasi baru yang menakjubkan untuk menulis dan menyebarkan aplikasi web. Ini menjanjikan platform yang akan digunakan untuk membangun aplikasi selama beberapa dekade mendatang! Ini adalah klaim yang berani, tapi mungkin saja benar.

Secara historis, situs web sebagian besar mengerjakan “hal-hal yang berjalan di server, dan mengirim HTML ke browser bodoh”. Argumen tim Meteor adalah teknik ini sekarang sudah usang. Peramban modern jauh lebih mampu menjalankan aplikasi itu sendiri – menarik data dari server, serta layanan web lainnya di semua tempat – dan tidak masuk akal jika menggunakan model lama “semuanya berjalan di server”. Lebih masuk akal jika browser hanya meminta data yang dibutuhkan – dari banyak sumber jika perlu – dan membuat markup sendiri untuk menampilkan antarmuka aplikasi.

Anda menulis aplikasi Meteor hanya menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Fitur utama Meteor adalah JavaScript dapat berjalan di server (menggunakan server Meteor dan Node.js), dan / atau browser. Meteor di server menangani bundling JavaScript sisi klien dan sumber daya lainnya dan mengirimkannya ke browser sebagai kumpulan yang minim.

Meteor menggunakan konsep pemrograman reaktif, yang berarti elemen di laman otomatis diperbarui kapan pun Anda mengubah data aplikasi. Ini berarti lebih sedikit bekerja untuk Anda sebagai coder, dan berpotensi menjadi antarmuka pengguna yang lebih tangguh.

Fitur Meteor hebat lainnya termasuk dukungan untuk beberapa mesin templating; replikasi database antar server dan browser untuk akses database super cepat; dan penerapan aplikasi yang mudah pada server Anda sendiri dan server aplikasi gratis Meteor di meteor.com.

Meteor terlihat seperti cara yang sangat elegan untuk membangun aplikasi web modern; Saya tidak sabar untuk mencobanya sendiri. Saat ini berada di tahap “pratinjau awal”, dengan 1,0 diikuti dalam beberapa bulan. Sementara itu, Sacha Greif telah menulis intro besar untuk Meteor yang menunjukkan bagaimana membangun aplikasi berbasis Meteor hanya dalam 45 menit.

 

Tumult Hype 2.0: Selamat tinggal Flash!

Aplikasi Hype Mac dari Tumult telah keluar selama beberapa tahun sekarang, namun dengan rilis 2.0 terbaru mereka, hal itu benar-benar menjadi kenyataan tersendiri. Hype memungkinkan Anda merancang dan membuat konten web interaktif dan animasi keyframed menggunakan alat gambar dan garis waktu. Kemudian, dengan beberapa klik mouse, Anda kemudian dapat mengekspor karya Anda sebagai markup HTML5 yang sesuai standar, CSS, JavaScript dan gambar yang bekerja di browser desktop dan seluler. Pikirkan Flash Professional (aplikasi Adobe) untuk HTML5, di sebagian kecil dari harga.

Saya telah bermain dengan Hype 2.0 dan mematikan selama beberapa minggu, dan meski tidak memiliki banyak fitur yang ditawarkan oleh Flash Professional, Anda pasti bisa menggunakannya untuk menciptakan konten interaktif yang tampak profesional di web. Lihat beberapa permainan dan infografis yang telah dibuat orang dengan Hype.

Beberapa fitur baru Hype 2.0 yang hebat termasuk Hype Reflect, aplikasi iOS gratis yang memungkinkan Anda melihat pratinjau pekerjaan Anda langsung di iPhone atau iPad; dukungan yang jauh lebih baik untuk konten mobile; dukungan audio yang disempurnakan, dan jalur gerak melengkung. Macworld memiliki ringkasan fitur baru yang bagus.

Bohemian Sketch: Impian para Desainer Web

Sketch logo

Sementara Photoshop tetap menjadi pilihan populer di kalangan perancang web, banyak orang mencari aplikasi yang lebih ramping dan terjangkau yang lebih sesuai dengan tugas merancang untuk web.

Sketsa Bohemian Coding bisa jadi aplikasi itu saja. Seperti halnya Hype, Sketch adalah aplikasi Mac yang telah berevolusi dari alat desain yang relatif sederhana menjadi aplikasi yang elegan dan kaya fitur dengan beberapa fitur bagus yang ditujukan pada perancang antarmuka web. Ini termasuk:

Simon disini di Elated menggunakan Sketch untuk hampir semua karya desain webnya akhir-akhir ini. Simak artikel ini yang dia tulis di Sketch awal tahun ini

LiveStyle: Penyuntingan CSS dua arah secara langsung

Emmet LiveStyle adalah plugin browser baru yang hampir ajaib untuk pengeditan CSS langsung.

Anda mungkin pernah mendengar tentang plugin seperti LiveReload yang melihat file CSS lokal Anda untuk perubahan. Saat Anda membuat perubahan pada file CSS dan menyimpannya, plugin akan menyegarkan browser Anda secara otomatis untuk menunjukkan efek perubahan Anda.

LiveStyle mengambil konsep ini sedikit lebih jauh. Dengan LiveStyle, Anda bahkan tidak perlu menyimpan file CSS Anda! Saat Anda membuat perubahan pada stylesheet CSS di editor teks Anda, perubahan tersebut muncul langsung di browser, bahkan tanpa memuat ulang halaman. Ini bahkan bekerja ke arah lain: Anda dapat mengedit CSS halaman di dalam browser (menggunakan Web Inspektur browser), dan LiveStyle secara otomatis memperbarui CSS di editor teks Anda.

Anda dapat mengedit CSS halaman apapun dengan cara ini, walaupun Anda tidak memiliki salinan lokal dari file CSS, atau CSS diperkecil! Video demo menunjukkan penyuntingan langsung dari homepage Facebook dan Google menggunakan LiveStyle.

Ini semua mungkin karena LiveStyle menganalisis perubahan CSS pada tingkat struktural, dan hanya mentransmisikan perubahan dari browser ke editor (dan sebaliknya). Sangat keren. Saat ini dalam versi beta publik, dan hanya bekerja dengan Sublime Text, namun versi pembayaran terakhir segera dijanjikan, seperti juga dukungan editor yang lebih luas.

Bootstrap 3: Front-end dengan keutamaan untuk tampilan Mobile

Bootstrap adalah framework web front-end yang telah mendapatkan banyak daya tarik baru-baru ini. Awalnya dibuat di Twitter, kini sebuah proyek open source yang berkembang pesat.

Versi 3 keluar pada bulan Agustus dan memiliki segala macam fitur baru yang indah, termasuk:

Mobile-first: Kerangka ini memungkinkan Anda mendesain situs Anda untuk mobile terlebih dahulu, kemudian dengan mudah meningkatkan konten Anda sampai desktop widescreen. Ini sangat responsif sehingga halaman Anda secara otomatis menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran tampilan.
Sistem grid yang benar-benar keren: Kotaknya sangat bagus untuk digunakan dan termasuk breakpoint untuk ponsel, tablet, desktop, dan desktop besar.
Tema opsional yang indah: Secara default, Bootstrap memberi tampilan pada situs Anda dengan sangat minim, namun sekarang Anda juga dapat menggunakan dan membangun tema yang bagus untuk menambahkan beberapa keindahan pada halaman Anda. Lihatlah warna-warna cantik itu!
Penyesuai baru yang hebat: Gunakan penyesuai untuk men-tweak hampir setiap aspek Bootstrap dan buat versi kustom sesuai selera Anda. Semuanya terkompilasi langsung di browser Anda dan langsung mendownload ke komputer Anda agar mudah diterapkan.

Saya suka Bootstrap; Sekarang ini adalah kerangka pertama yang saya tuju saat membangun situs baru. Untuk melihat lebih banyak dari apa yang bisa dilakukan Bootstrap, lihat contohnya.

Macaw: Editor gambar yang benar-benar mengerti tentang kode

Sementara setiap perancang web setidaknya harus memahami sedikit HTML dan CSS akhir-akhir ini, kebanyakan perancang web lebih memilih mendesain daripada mengkodekan. Secara teori, akan lebih bagus lagi jika alat desain mereka dapat mengambil desain visual mereka dan menampilkan HTML dan CSS yang sesuai secara otomatis.

Banyak editor gambar seperti Fireworks telah mendukung ekspor HTML dan CSS untuk sementara waktu, namun hasilnya biasanya sangat buruk, dengan HTML yang jelek, HTML verbose dan kelas CSS non-semantik.

Masukkan Macaw. Aplikasi desain yang cerdas kode ini mengklaim memahami elemen desain Anda di tingkat semantik, memungkinkannya menghasilkan kode HTML dan CSS yang jelas, ringkas dan mudah dimengerti yang mendekati apa yang sebenarnya akan dihasilkan oleh coder front-end.

Fitur utama Macaw meliputi:

Macaw saat ini belum pernah dirilis tapi ada video mengintip mengintip mengintip tersedia. Coba lihat!

Famo.us: Antarmuka web yang halus akan menjadi kenyataan

Famo.us adalah mesin rendering JavaScript yang menarik serta menjanjikan untuk merevolusi aplikasi web dan antarmuka pengguna mereka. Intinya, framework Famo.us melampaui cara tradisional yang browser lakukan untuk melakukan render 3D dan langsung menuju ke GPU perangkat Anda, memberi Anda grafis 3D super cepat dan dipercepat dengan perangkat keras.

Apa yang benar-benar baik adalah bahwa ini semua dilakukan dengan menggunakan JavaScript, sehingga Anda dapat memanfaatkan semua kekuatan ini menggunakan JavaScript, CSS, dan DOM. Ini juga sekarang gratis bagi pengembang untuk digunakan (perusahaan bertujuan menghasilkan uang melalui kesepakatan dengan pembuat perangkat keras). Ini berjalan dengan lancar di berbagai browser, mulai dari desktop modern hingga iPhone 3GS, yang benar-benar mengesankan.

Saya pikir ada banyak kesalahpahaman tentang apa yang bisa dilakukan Famo.us. Demo teknologi mereka membuatnya terlihat seperti dirancang hanya untuk membuat grafik 3D (walaupun grafisnya sangat halus) sebagai pengganti Flash yang dimuliakan; namun sama seperti antarmuka 2D, dan menurut saya ini adalah kasus penggunaan yang paling umum untuk Famo.us dalam jangka pendek. Pikirkan antarmuka aplikasi animasi yang menyenangkan dan taktis seperti yang akan kita lihat bersama iOS 7. Video di bawah (berjalan di iPad) memberi indikasi bagus tentang apa yang mungkin terjadi.

Sumber : https://www.elated.com/articles/7-exciting-up-and-coming-web-technologies/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *